Strategi Pemasaran Telkomsel


Strategi Pemasaran Telkomsel cukup menarik karena dapat dilihat tingkat keberhasilannya yang tinggi. Saat ini pelanggan perusahaan itu sudah mencapai 100 juta pelanggan dan ini merupakan bukti yang cukup meyakinkan akan keberhasilan Strategi Pemasaran Telkomsel.
Dalam keadaan saat ini kompetisi antar operator telepon genggam setiap perusahaan bersaing untuk menawarkan harga paket perdana yang rendag, tariff pembicaraan dan sms yang murah serta berlomba untuk memiliki jaringan yang lebih luas.
Ini dilakukan agar jumlah pelanggan tetap meningkat dan Telkomsel dapat menjadi raja di pasar telepon seluler sebagi provider terbaik.
Strategi komunikasi pemasaran dilakukan salah satunya melalui forum KASKUS. Forum ini dipilih karena dianggap memiliki komunitas anggota yang terbesar di Indonesia sebagai target pasar.
Forum ini dianggap efektif dalam melakukan strategi komunikasi pemasaran. Caranya adalah: Telkomsel melakukan branding di KASKUS. Bukan melalui pemasangan iklan di space-space yang disediakan di KASKUS, tetapi melalui thread-thread dan posts yang dibuat oleh semua anggota forum Kaskus.
Strategi itu dilakukan dengan mem-branding kata “JUTA” yang ada di setiap forum, entah itu beranda ataupun lainnya. Setiap kata “JUTA” yang ditulis di setiap forum, pasti jika cursor mouse diarahkan ke kata tersebut, didalamnya akan muncul logo “100 J-U-T-A Pelanggan Telkomsel”.
Strategi Pemasaran Telkomsel itu dianggap cukup efektif dibandingkan pemasangan iklan di space iklan KASKUS karena prosentase penulisan kata “J-U-T-A” akan lebih tinggi dan banyak dan akan muncul lebih banyak di berbagai tempat (forum) di KASKUS dibandingkan pemasangan iklan di ad banner di KASKUS.
Sebagai hasil strategi Pemasaran Telkomsel itu, bila anda tidak percaya, anda dapat mencoba menulis kata “J-U-T-A” (tanpa garis dan petik) di post atau thread, pasti kata tersebut akan digaris bawahi dan jika cursor diarahkan ke kata tersebut, lalu akan muncul logo Telkomsel.
Strategi Pemasaran Telkomsel dalam mengkomunikasikan produknya cukup berhasil dengan tercapainya 100.000 ribu pelanggan. Lokasi layanan berbasis kesepakatan juga digunakan oleh Telkomsel sebagai usaha untuk memperluas jangkauan layanan dengan bantuan pihak lain.
Selain itu terhadap layanan-layanan baru sehingga konsumen dapat berlangganan layanan membiarkan cyber dunia tahu lokasi mereka. Jika bisnis, iklan melalui layanan kesepakatan, adalah di sekitar yang sama sebagai konsumen, iklan yang dikirim kepada konsumen. Sekarang, konsumen dapat mengetahui adanya promosi toko terbaru di daerah tersebut dan termotivasi untuk menggunakan layanan bisnis.
Strategi pemasaran Telkomsel adalah strategi diversifikasi yang digunakan untuk menemukan dan mengembangkan produk baru atau pasar baru atau bahkan keduanya untuk menyelesaikan pengembangan, penjualan meningkat, profitabilitas dan fleksibilitas.
Kedua, dalam harga pas, PT. Telkomsel, Tbk menggunakan dua strategi yang berbeda untuk setiap setiap produk, seperti harga skimming untuk HALO dan simPATI kartu produk, dan harga untuk penetrasi Sebagai produk kartu. Harga skimming adalah strategi untuk menyelesaikan pangsa pasar yang lebih besar, dan untuk melindungi kedatangan pesaing.
Dapat diketahui bahwa strategi produk yang digunakan oleh PT. Telkomsel, Tbk, yang merupakan strategi diversifikasi, yang memiliki kelemahan, yang mudah ditiru.
Dengan demikian, PT. Telkomsel, Tbk perlu mengevaluasi kembali strategi yang sering digunakan. Sebuah produk harus memiliki karakteristik yang unik sehingga berbeda dari orang lain. Dengan karakteristik yang unik, ada harapan besar untuk menciptakan citra yang baik atas produk sebagai tertentu dan perusahaan sebagai jenderal sehingga tujuan dari penelitian ini untuk mempertahankan pangsa pasar dapat diselesaikan.
Sumber : http://rajapresentasi.com/2012/10/strategi-pemasaran-telkomsel/

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme Template Blog Free | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes