Jadikan Klien Anda Seperti Saudara

Bagi Anda yang bergelut di dunia marketing tentu tidak ingin klien Anda memakai jasa Anda hanya sekali - dua kali dan selanjutnya “kapok”, hasilnya bos Anda kecewa dengan kinerja Anda.
Bagi Anda para sales yang baik hati, mencari klien memang tidak semudah membalikan telapak tangan, di butuhkan kristalisasi keringat dan kerja keras, namun ada yang lebih sulit dari sekedar mencari yaitu mempertahankan. Melihat hal ini, mungkin ada benarnya pepatah yang mengatakan, jangan mencari ikan dengan jaring yang bolong.

Tips ini mungkin bisa sedikit membantu Anda dalam mencari dan menjaga hubungan baik dengan klien yang lebih banyak lagi.

1.Cari tempat
Bagi Anda yang terbiasa menemui klien di kantor maupun di rumah mungkin ada baiknya supaya menciptakan suasana baru yaitu dengan mengajak bertemu klien di rumah makan, tempat karaoke maupun tempat olah raga. Sambil menikmati suasana Anda bisa memperkenalkan jasa Anda dengan baik, dimana suasana-suasana maupun tempat demikian membuat klien Anda merindukan suasana tersebut dan dengan begitu hubungan kerja Anda dengan klien juga tidak hanya sekali atau dua kali tetapi bisa berkelanjutan.

2.Berbaik hatilah
Jadikan senyum Anda sebagai senjata. Cara pandang, pendengaran serta apa yang terucap dari mulut Anda adalah senjata ampuh untuk bernegosiasi dengan klien. Juga dengan semangat yang tinggi Anda harus bertekat untuk bisa mengejar target. Anda bisa berbaik hati, terlebih lagi jika Anda sudah pernah bertemu dan cukup mengenal klien Anda tersebut. Mungkin Anda bisa membawakannya makanan kecil untuk dimakan sambil Anda mem-prospek sang klien. Anda juga bisa menawarkan diri untuk memesankan minum klien Anda. Dengan cara jitu seperti ini klien Anda akan merasa bahwa Anda bisa memberikan pelayanan yang baik, maka klien Anda akan tertarik untuk bekerja sama dengan Anda.

3.Kalimat Pamungkas
Nah, kalimat ini pasti tak asing lagi bagi para sales yang sudah cukup lama menggeluti bidang tersebut, namun ada baiknya di ketahui pula oleh yang baru saja menggeluti dunia sales. Jika Anda sudah melakukan cara-cara tersebut, namun calon klien Anda masih merasa ragu untuk menjalin kerja sama dengan Anda, maka Anda bisa menanyakan kepada klien Anda tentang apa yang membuat klien Anda tidak berminat? Apakah ada yang kurang jelas?, atau apakah ada yang kurang berkenan dari penawaran kerja sama yang Anda ajukan?.

Catatan penting, ”Menjadikan klien seperti saudara bukan berarti Anda bisa meminta bantuan yang merepotkan klien Anda”.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme Template Blog Free | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes