Sulitkah Menjadi Pemimpin?

Apakah tugas dan tanggung jawab seorang pemimpin? Sulitkah menjadi pemimpin?

Salah satu tugas dan tanggung jawab seorang pemimpin adalah me-manage orang-orang yang dipimpin. Orang bijak mengatakan bahwa keberhasilan seorang pemimpin adalah bagaimana Ia bisa mencetak seseorang / anak didiknya sehingga mereka bisa berhasil.

Tetapi terkadang banyak kendala untuk me-manage orang lain dibanding me-manage diri sendiri. Untuk me-manage orang lain mungkin Anda bisa memulainya dengan:

Tegaskan misi dari tujuan tim. Dengan membuat pernyataan misi baik tertulis maupun lisan akan mempermudah tim Anda untuk bekerjasama jika mereka tahu apa yang menjadi tujuannya. Jadikan misi dan tujuan bersama menjadi motivator tim untuk meraih sukses bersama.

Berikan andil pada orang-orang yang terkait. Bekerja bersama dengan orang lain bukanlah perkara mudah, di sinilah peran seorang pemimpin dibutuhkan. Pemimpin akan mengatur dan membagi rata tugas untuk masing-masing tim, keterlibatan setiap anggota tim akan menumbuhkan rasa nyaman dan tanggung jawab dalam bekerja.

Dokumentasikan. Buatlah dokumen sederhana yang menjelaskan tentang fungsi dan tanggung jawab mereka dalam tim. Setelah mereka mengetahui tugas masing-masing, pemimpin akan menjadi pengawas utama yang memastikan timnya bekerja sesuai dengan fungsi dan tanggung jawab mereka.

Terbuka dengan pendapat tim. Pemimpin tidak selalu benar! Pendapat tim akan memberikan inisiatif yang lebih variatif dan fleksibel yang nantinya akan menjadi bahan pertimbangan bersama untuk mencapai misi dan tujuan bersama.

Kenali unsur-unsur negatif dalam tim. Jika salah satu karyawan Anda sudah menunjukan ketidakpatuhan dalam tim, segeralah mengambil tindakan yang tegas. Jika tidak maka hal ini akan menular kepada anggota tim yang lainnya.

Buat jadi sederhana. Jalankan peran Anda sebagai pemimpin dengan santai dan berkomitmen. Buat segala yang Anda hadapi bersama tim dengan mudah. Mudah bukan berarti membuatnya sepele, tapi jangan juga dibuat rumit. Urai masalah tersebut, pandang dari sisi yang berbeda maka Anda akan menemukan jalan keluarnya.

Menjadi seorang pemimpin tidaklah sulit.Setiap orang bisa menjadi seorang pemimpin! Setidaknya jadilah pemimpin untuk diri Anda sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme Template Blog Free | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes